5 Tips Tetap Produktif di Pagi Hari

5 Tips Tetap Produktif di Pagi Hari

Pagi hari memiliki keutamaan yang luar biasa sebab mula dari hari hendak memastikan gimana kita beraktifitas seharian. Hingga jangan sia- siakan waktu pagi yang memiliki banyak khasiat ini dengan berleha- leha. Terlebih tiap hari begitu segera lalu, ditinggal tidur di waktu pagi sebentar saja bisa membuat kita malas mengawali kegiatan. Hingga dirasa butuh buat kita mangulas gimana supaya dapat senantiasa produktif di pagi hari. Inilah sebagian panduan supaya senantiasa produktif di pagi hari:

{tocify} $title={Table of Contents} 

1. Berdoa dan Bersyukur

Berdoa dan Bersyukur

Berapa banyak orang yang terbaring di rumah sakit serta tidak dapat berkegiatan kayak manusia pada biasanya? Sangat banyak pastinya, hingga untuk kita yang masih dalam keadaan sehat dengan segudang kegiatan di pagi hari.  Mulailah awali pagi hari dengan berdoa serta bersyukur atas seluruh nikmat yang masih dapat kita rasakan sampai detik ini . Ketahuilah, tidak semua orang bisa merasakan apa yang sedang kita rasakan sekarang dengan berbagai aktivitas atau kewajiban yang menuntut kita agar bangun di pagi hari. Tuhan itu menakdirkan sesuatu kepada hamba-Nya sesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Tidak mungkin kita tidak bisa menjalani semuanya, apalagi jika kita selalu libatkan Tuhan dalam setiap aktivitas kita. Maka mulai dari sekarang, biasakanlah untuk selalu berdoa dan bersyukur atas hari yang masih kita rasakan sampai detik ini.

2. Komitmen untuk Bangun Pagi

Komitmen untuk Bangun Pagi

Bangun di pagi hari bagi orang yang bekerja pasti sudah tidak asing lagi. Setiap weekdays dapat dipastikan ia akan berusaha bagaimana bangun pagi agar berangkat kerja tidak telat. Mulai dari memasang alarm, tidak tidur terlalu malam, hingga akhirnya ia bisa bangun lebih awal. Namun bagaimana jika weekend tiba ? wah banyak yang akhirnya ia malah bangun lebih siang karena merasa tidak ada yang perlu dikerjakan di hari libur. Padahal, komitmen terhadap waktu untuk bangun pagi itu, sangat baik dan harus terus dipertahankan. Karena kebiasaan baik yang sudah dibangun akan susah kembali dirangkai jika kita merusaknya. 

Baca juga:  benarkah Al Quran Bukan Kitab Sains?

Bayangkan saja, maka tidak heran jika kita sering mendengar atau melihat orang-orang begitu alergi jika mendengar hari senin. Seperti momok yang menakutkan bagi mereka, bagaimana mereka harus beraktivitas seperti biasanya kembali. Bangun dipagi hari dan melakukan segala pekerjaan yang menjadi kewajibannya. Oleh karena itu, kita harus biasakan komitmen bangun pagi setiap hari meski di waktu weekend.

3. Olahraga

Olahraga

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk kita berolahraga ringan seperti senam sehat 5-15 menit di waktu pagi. Agar otot-otot dalam tubuh bergerak ringan sebelum kita akan melakukan berbagai aktivitas seharian nanti. Rutinkan olahraga ringan di pagi hari agar tubuh kita menjadi fresh dan tidak mudah ngantuk di waktu pagi. Jika kita lakukan setiap hari dipagi hari, tentunya akan berdampak positif bagi diri kita. Jika ada anggota keluarga di rumah, atau teman kosan, rasanya akan lebih asik jika berolahraga bersama. Karena bersama itu akan menguatkan, dan saling mengingatkan apabila ada salah satu yang lupa belum berolahraga di pagi hari. Jadi jangan lupa, ajak orang terdekat kita untuk sama-sama menjalankan pola hidup sehat dengan olahraga agar waktu di pagi hari menjadi lebih produktif.

4. Sarapan

Sarapan

Nutrisi sehat diwaktu pagi perlu kita perhatikan dengan baik, karena kita harus beraktivitas seharian maka perlu asupan yang sehat. Sarapan harus kita lakukan, jangan sampai sarapan terlewat karena tidak sempat. Namun harus diperhatikan juga makanan yang kita konsumsi pada saat sarapan jangan sampai terlalu banyak makan karbohidrat yang akhirnya malah membuat kita lebih cepat mengantuk. Sekarang sudah banyak orang yang mulai menerapkan hidup sehat, seperti sarapan buah misalnya. Namun harus dibiasakan sedikit-sedikit terlebih dahulu agar tubuh kita merespon baik pola hidup sehat yang di terapkan.

5. Optimalkan Perencanaan

Optimalkan Perencanaan

Orang yang disiplin biasanya ia akan menemui kesuksesan lebih cepat daripada orang yang kurang disiplin seperti dalam perencanaan harian misalnya. Orang yang sudah tau hari ini ia akan kemana dan melakukan apa saja maka ia pasti akan sukses terhadap tujuannya karena sudah direncanakan terlebih dahulu. Beda dengan orang yang belum merencanakan apapun, namun ingin mendapatkan tujuan yang sama pasti ia akan lebih lamban untuk merealisasikannya tersebut karena belum tersusun rapih. Namun jangan khawatir, sebelum terlambat kita bisa mulai dari sekarang dengan membuat jadwal harian misalnya, setelah itu bertahap ke jadwal mingguan hingga setelah kita terbiasa untuk membuat jadwal setiap harinya. Otomatis diri kita akan lebih mudah menjalani hidup karena sudah ada target harian yang akan dicapai setiap harinya. Yuk, mulai dari sekarang catat di hp, note ataupun buku khusus untuk setiap pencapaian yang ingin kita raih.

Jika kamu merupakan ibu rumah tangga kamu juga harus baca tantang ibu mendidik anak.

Beberapa tips diatas semoga bisa membantu kita untuk bisa produktif dipagi hari. Karena kesuksesan hari biasanya dimulai dari kita mengawali hari. Oleh sebab itu, mulailah pagi hari dengan semangat baru dan kesiapan menjalankan segala aktivitas. Selamat pagi, semangat pagi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama