• Jelajahi

    Copyright © Teknosia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

    Admin
    Rabu, 31 Maret 2021, 19:30 WIB Last Updated 2021-08-20T02:26:15Z
    Baca Juga

    Mengatasi Anak Susah Makan memang membutuhkan kesabaran bagi setiap orang tua, sebab hal semacam ini sangat rentan dan sering terjadi pada buah hati Anda. Akan tetapi terkadang permasalahan ini bukan hanya terjadi pada anak-anak saja, bahkan di usia remaja hingga tua pun banyak yang mengalami hal serupa. Biasanya susah makan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan nafsu makan tidak bergairah. Jika hal ini dibiarkan, tentu saja akan berdampak buruk pada kondisi gizi dan kesehatan anak, apalagi makanan merupakan hal yang paling penting demi pertumbuhan sang buah hati.

    6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

    Sebagai orang tua, maka carilah solusi yang tepat dalam mengatasi anak susah makan agar selayaknya sang buah hati dapat mengkonsumsi makanan dengan baik dan satu hal penting lainnya yaitu janganlah memaksakan anak supaya makan makanan yang banyak atau memberikan makanan dengan porsi yang berlebihan, untuk alasan apapun janganlah melakukannya jika tidak disarankan oleh pihak medis.

    Adapun penyebab kurangnya gairah makan pada anak-anak disebabkan oleh adanya beberapa faktor seperti halnya faktor psikis dan faktor fisik. Faktor psikis timbul akibat adanya gangguan psikologis pada buah hati. Biasanya gangguan ini yang disebabkan oleh kurangnya suasana nyaman disaat anak mengkonsumsi makanan. Sedangkan untuk faktor fisik tentu saja ketika kesehatan dan daya tahan tubuh anak terggangu, yang akhirnya anak enggan untuk makan. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas tentang tips mengatasi anak susah makan.

    Tips Mengatasi Anak Susah Makan

    Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak susah makan:

    1. Sajikan makanan yang menarik

    Berikanlah makanan yang memiliki penampilan mencolok dan menarik yang dapat memancing mood anak agar mencoba merasakan makanan yang Anda hidangkan.

    2. Berikan sajian makanan yang berbeda

    Tips mengatasi anak susah makan ini artinya yaitu tawarkan pada buah hati kecil Anda tentang adanya berbagai jenis makanan yang berbeda-beda, biarkan sejenak agar anak dapat memilih menu makanan yang telah disajikan, namun biasanya anak akan lebih mudah memilih makanan yang sering dikonsumsinya.

    3. Menghiburnya

    Hiburlah buah hati Anda disaat sedang mengkonsumsi makanan, rancang sedemikian rupa agar anak merasa terhibur dan menyenangkan disaat sedang makan.

    4. Libatkan anak disaat menyajikan makanan

    Buah hati Anda akan nampak lebih senang dan ceria jika dirinya melakukan hal-hal (baru) yang tidak pernah ia lakukan, misalnya diajak membantu memasak, diajak menyiapkan makanan di meja makan atau lain sebagianya.

    5. Jangan mengiming-imingi makanan lain setelah makan

    Meskipun hal semacam ini dapat meningkatkan rasa mood anak untuk makan, namun jangan terlau sering dan dibiasakan, agar anak tidak terbiasa dan selalu berharap akan hal itu.

    6. Jangan terlalu sering memberi air minum disaat makan

    Pada saat ayiknya menyantap makanan, jangan terlalu sering memberikan air minum, sebab anak akan merasa cepat kenyang. Akibat banyaknya asupan air minum, anak juga akan merasa kurang menikmati makanan yang dikonsumsi.

    Hal tersebut merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi anak susah makan. Akan tetapi disamping itu, tentu saja banyak cara lain yang bisa Anda lakukan dalam mengatasinya. Semua tergantung dari Anda sebagai orang tua yang mengetahui sifat, kondisi kesehatan, apa yang disukai atau apa yang tidak disukai oleh anak terutama disaat makan. Semoga penjelasan mengenai 6 tips mengatasi anak susah makan ini bermanfaat.

    Baca juga: Tips Sederhana Mengatasi Tenggorokan Gatal

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini