7 Etika Grup Whatsapp Agar Tidak Mengganggu

Ikuti 7 Etika Grup Whatsapp Ini Supaya Komunikasi Tetap Menyenangkan

Pernah enggak kesel sama anggota grup Whatsapp yang kebanyakan ngomong hal-hal enggak penting dan bikin notifikasi smartphone kamu bunyi terus? Atau pernah juga enggak kamu syok sewaktu ada yang share foto-foto yang menurut kamu enggak pantas untuk dibagikan?

{tocify} $title={Table of Contents}

Mengingat komunikasi di grup Whatsapp dilakukan tanpa tatap muka, kadang kita dan orang lain lupa kalau sedang bersosialisasi dengan manusia lain. Alhasil, ada saja aktivitas di grup Whatsapp yang bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga membuat orang lain kesal. Biar kita enggak jadi orang seperti itu, yuk perhatikan beberapa etika grup Whatsapp berikut:

7 Etika Grup Whatsapp

1. Perkenalan

Idealnya kalau kamu datang ke suatu tempat baru, pasti kamu memperkenalkan diri dong. Hal yang sama juga perlu kamu terapkan kalau kamu baru saja diundang masuk ke suatu grup Whatsapp. Percaya deh, diam-diam masuk bukan hanya enggak sopan tapi juga menghilangkan kesempatan kamu untuk berjejaring. Rugi sendiri kan?

2. Ingat waktu

Zaman SMS masih berjaya, pernah enggak kamu mengirimkan SMS ke bosmu jam 2 pagi? Enggak kan? Nah, begitu pula di grup Whatsapp. Mengirim pesan di grup Whatsapp juga perlu ingat waktu.

Walaupun enggak bertatap muka dan setiap anggota grup enggak ada kewajiban menjawab saat itu juga, tapi kalau enggak darurat sebaiknya kirimlah pesan pada waktu yang pas. Jadi kamu enggak mengganggu orang lain yang sedang enak-enak istirahat.

3. Hargai topik grup

Apa topik atau tujuan dari dibentuknya grup Whatsapp yang kamu ikuti? Apakah untuk mengobrolkan urusan kerjaan? Komunikasi dengan anggota keluarga? Atau grup senang-senang dan komunitas? Hargai selalu tujuan dan topik dari grup tersebut.

Humor atau membagikan informasi yang enggak sesuai dengan situasi dan kondisi malah bisa membuat suasana grup jadi enggak nyaman. Enggak semua orang sesuai dengan selera humormu dan enggak semua orang suka dikirimi doa pagi. Kalau grup itu dibuat misalnya untuk diskusi kerja bakti, jangan terlalu banyak bercanda sehingga tugas yang harus diselesaikan malah terabaikan.

Baca juga: 5 Software Gratis untuk Desain Grafis

4. Bijak dalam berkomunikasi

Komunikasikan pemikiranmu dengan bijak dan hati-hati. Orang cenderung enggak terlalu memikirkan konsekuensi ucapannya ketika enggak berhadapan langsung. Ini adalah kesalahan fatal, karena bagaimanapun semua orang yang ada di grup itu benar-benar ada di lingkungan sosialmu.

Hindari membagikan informasi dengan konten-konten yang enggak sesuai atau sensitif. Sebaliknya, jangan terlalu reaktif dengan informasi atau ucapan yang dikeluarkan oleh anggota grup. Sikapi dengan bijak sebagaimana kalau kamu bertemu langsung dengan mereka.

5. Jangan cerewet dan menyampah (spamming)

Grup Whatsapp diciptakan agar pembicaraan dan diskusi lebih mengalir dan efektif. Hindari memenuhi grup dengan kata-kata yang enggak efektif dan berulang-ulang. Usahakan juga mengetik apa yang kamu ingin sampaikan pada satu kolom tulisan sehingga notifikasi enggak berulang kali bunyi. Cari juga informasi yang mungkin kamu lewatkan daripada menanyakan ulang hal yang sudah dijawab di dalam grup.

6. Hindari membajak grup

Hindari membajak pembicaraan di dalam grup. Kalau mau diskusi dengan satu orang saja, sebaiknya kamu mengirim pesan pribadi. Enggak ada yang suka harus membuka pesan di grup Whatsapp hanya untuk melihat pembicaraan yang enggak ada hubungannya dengan mereka.

7. Permisi saat keluar

Kalau dengan alasan apapun kamu merasa perlu keluar dari grup Whatsapp yang kamu ikuti, jangan keluar begitu saja. Pamit dengan anggota lain di dalam grup. Enggak harus bertele-tele kok, yang penting kamu sudah mengutarakan maksudmu. Jangan jadi seperti selonong boy atau selonong girl ya.

Itu dia beberapa etika grup Whatsapp yang sebaiknya kamu lakukan. Pasti deh ngobrol-ngobrol dengan sesama anggota grup jadi tambah asyik. Biasanya apa sih hal menyebalkan yang kamu rasakan sewaktu berinteraksi di grup Whatsapp? Ceritakan di kolom komentar ya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama