Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Ubi Ungu

Manfaat ubi ungu – Siapa yang belum tahu mengenai ubi ungu? Pasti Anda sudah tau dengan makanan yang satu ini. Ubi ungu merupakan tanaman dari suku umbi umbian yang hasil tanamannya muncul di dalam tanah. Ubi ungu memiliki bentuk tidak menetap dan berukuran sedang. Sesuai dengan namanya ubi ungu memiliki warna ungu dibagian kulit maupun dagingnya. Ubi ungu termasuk makanan pokok di benua Asia.

Ubi ungu memiliki rasa yang manis, nikmat dan mengenyangkan. Di benua amerika ubi ungu biasa disebut dengan sweet potato atau kentang manis. Kini ubi ungu sudah banyak menyebar di berbagai negara. Ubi ungu biasanya dikonsumsi setelah dikukus maupun diolah menjadi makanan yang nikmat. Olahan dari ubi ungu biasanya berupa kue, keripik, kue lapis, puding, salad, bubur, donat, onde onde, mie, klepon, kolak, roti dan masih banyak lagi.

Selain memiliki rasa yang nikmat manfaat ubi ungu juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. khasiat ubi ungu bagi kesehatan sudah banyak dipercaya karena dibuktikan oleh banyak peneliti. Berikut ini adalah sedikit uraian mengenai apa manfaat ubi ungu untuk kesehatan tubuh. Sebelumnya kamu juga bisa baca apa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh.

Manfaat ubi ungu

1. Mencegah penyakit kanker
Menurut penelitian ubi ungu memiliki kandungan betakaroten, vitamin C, dan Vitamin E yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Dengan ubi ungu kanker dapat dicegah supaya tidak menyerang tubuh. selain itu ubi ungu juga dapat menghambat perkembangan kanker yang sudah masuk pada tubuh manusia.

2. Melancarkan aliran darah
Manfaat ubi ungu mengandung zat antosiani yakni pigmen warna ungu merupakan zat antioksidan yang memiliki fungsi mampu menyerap polusi udara dan menghambat pembekuan darah.

3. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat dan pektin yang dimiliki ubi ungu ternyata mampu melancarkan pencernaan seperti sembelit dan wasir . Dengan sering sering mengkonsumsi ubi ungu mampu membuat pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari beberapa gangguan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Tubuh membutuhkan sistem kekebalan yakni sistem imun. Dengan mengkonsumsi ubi ungu akan membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia sehingga tubuh akan terjaga kesehatan dan tidak mudah terserang penyakit.

5. Manfaat ubi ungu untuk diet
Ubi ungu ternyata merupakan makanan terbaik untuk diet. Ubi ungu dapat digunakan sebagai makanan pengganti ketika sedang melaksanakan program diet karena mengandung banyak nutrisi lengkap seperti karbohidrat, Vitamin, mineral dan kandungan senyawa sehat dan alami.

6. Sebagai sumber energi
Ubi ungu memiliki kandungan yang ternyata mampu membuat tubuh menjadi berenergi. Ubi ungu mangandung zat besi dan magnesium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh beraktivitas. Kandungan zat besi juga mampu digunakan untuk membentuk sel darah merah pada tubuh.

7. Sehat untuk mata
Ubi ungu juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat ubi ungu mengandung kandungan Vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Selain itu ubi ungu juga mengandung lutein dan zea xanthin yang dapat melindungi mata dari serangan radikal bebas.

8. Sumber antioksidan yang tinggi
Sering mengkonsumsi ubi ungu merupakan kebiasaan yang baik. Karena ubi ungu mengandung kandungan berupa Vitamin E, dan antosianin yang termasuk dalam kelompok antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. antioksidan dalam ubi ungu mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit yang lainnya.

9. Mengobati asma
Penyakit asma merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Apabila asma menyerang maka manusia akan kesulitan untuk bernafas. Dengan ubi ungu meskipun penyakit asma tidak bisa disembuhkan secara total tapi turut membantu mengurangi penyakit asma supaya tidak cepat kambuh.

10. Anti bakteri
Manfaat ubi ungu hampir sama dengan manfaat ubi jalar yang memiliki sifat anti bakteri. Karena memiliki sifat anti bakteri ubi ini dipercaya dapat mencegah bakteri yang berbahaya masuk dan berkembang dalam tubuh manusia.

Tips untuk memilih dan mengkonsumsi ubi ungu yang baik

  1. Pilihlah ubi ungu yang masih segar dan pastikan tidak memiliki bekas luka, tidak memiliki kulit ungu ketua kemerahan, tidak berbau netral dan tidak berlubang.
  2. Hindari ubi ungu yang berlubang atau sudah terpotong.
  3. Hindari ubi yang sudah tumbuh akar pada permukaannya.
  4. Cara untuk mengkonsumsi dengan cara di rebus atau dikukus. Bisa juga diolah menjadi kue atau yang lainnya.

Demikian tadi adalah sedikit uraian dari manfaat ubi ungu untuk kesehatan. Anda bisa menjadikan ubi ungu sebagai makanan harian Anda ataupun bahan untuk menjaga kesehatan diri Anda. Karena ubi ungu ini aman serta terjamin kealamian dan kesehatannya. Semoga dapat bermanfaat juga untuk menambah wawasan Anda. 

Kamu juga bisa baca 9 Bahan Alami Pelembap Tubuh dan Manfaat Bagi Kulit.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama