Sejarah Awal Mula Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Awal Mula Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Awal Mula Sepak Bola di Indonesia, Sepak bola ialah game dengan alat bola yang dimainkan oleh 2 team. Masing – masing team terbagi dalam sebelas orang pemain. Sepak bola sampai ini hari sudah dimainkan lebih dari 250 juta orang dari lebih dari dua ratus negara. Sepak Bola ialah game yang paling popular saat ini.

Sepak bola diketemukan di China pada era ke 2 sebelum masehi. Sepak bola pertama-tama dimainkan dengan memakai bola yang terbuat dari kulit serta digiring dewngan memakai kaki.

Pada tahun 1365, raja Edward III melarang game sepakbola sebab dipandang ada beberapa kekerasan sepanjang laga.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Pemain Sepak Bola terbagi dalam 11 orang pemain dimana susunannya dipastikan oleh masing – masing team tetapi umumnya susunannya terbagi dalam: seseorang kiper, 2 – 4 orang pemain bertahan, 2 – 4 orang pemain tengah serta 1 – 3 orang pemain striker.

Kiper ialah satu – satunya pemain yang bisa menggenggam bola membuat perlindungan gawang dari serangan team rivalnya. Umumnya kiper kenakan seragam yang berlainan dari pemain yang lain. Pemain bertahan bekerja mengawasi pertahanan dari team lawan. Pemain tengah dibagi dengan yang main dekat sama striker serta pemain tengah bertahan yang dekat sama pemain bertahan, sedang sesuai namanya striker mempunyai pekerjaan untuk memasukkan bola ke gawang team lawan.

Sepak Bola Indonesia

Sepak bola di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kunjungan bangsa lain yang lakukan perdagangan atau penjajahan. Pertama-tama sepak bola di Indonesia diperkenalkan oleh Cina yang ingin memberikan superioritas mereka supaya tidak kalah dibanding beberapa negara eropa.

Ini dapat dibuktikan dari terbentuknya banyak perkumpulan yang dibangun, diantaranya UMS Jakarta. Sepak bola Indonesia alami perkembangan yang hebat sampai bisa meluncur pada arena Piala Dunia Tahun 1938.

Sebelum masuk acara piala dunia, Indonesia sudah membuat satu asosiasi yang menanungi semua team sepak bola yang berada di Indonesia, yaitu Persatuan Sepak bola Semua Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Tokoh penting di balik berdirinya PSSI ialah Soeratin Sosrosoegondo. Pada perubahannya, PSSI sudah memperluas pertandingan Sepak Bola Negeri salah satunya dibentuknya Liga Super Indonesia, serta beberapa nama perkumpulan sepak bola yang lain.

Seterusnya PSSI membuat pertandingan sepak bola wanita dan pertandingan dengan kelompok umur-umur tersendiri (U-15, U-17, U-19, U-21, serta U-23). Serta selanjutnya banyak muncul beberapa klub baru di Indonesia sampai saat ini.

Itu selintas riwayat sepak bola di internasional ataupun di Indonesia. Tidak hanya pelajari sejarahnya, tidak komplet bila tidak mengulas sistematika game. Semuanya tentang karakter game sepak bola akan dipelajari dalam materi sepak bola.

Sepak bola indonesia diawali semenjak tahun 1914 waktu Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Hindia Belanda. Pertandingan antar kota di jawa itu cuma di juarai oleh dua team atau di supremasi dua team saja, yakni Batavia City, Soerabaja City.

Riwayat Sepak Bola Moderen di Indonesia diawali dengan terbentuknya PSSI (Persatuan Sepakbola semua Indonesia ) pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan ketuanya Soeratin Sosrosoegondo. Jadi organisasi berolahraga yang dilahirkan di Jaman penjajahan Belanda, Kelahiran PSSI betapapun berkaitan dengan pekerjaan politik menentang penjajahan.

Bila mempelajari serta menganalisis saat- sebelum, sepanjang serta setelah kelahirannya, sampai 5 tahun saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, jelas sekali jika PSSI lahir, sebab dibidani politikus bangsa yang baik dengan cara langsung ataupun tidak, menentang penjajahan dengan taktik menyemai benih – benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia.

Sesudah wafatnya Soeratin Sosrosoegondo, prestasi timnas sepak bola Indonesia tidaklah terlalu memuaskan sebab pembinaan timnas tidak disertai dengan peningkatan organisasi serta pertandingan. Pada masa sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sudah sempat berkompetisi dalam pertandingan internasional, salah satunya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, serta Tan Liong Houw. Dalam perubahannya, PSSI sudah memperluas pertandingan sepak bola dalam negeri, salah satunya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Penting,

Divisi Satu, serta Divisi Dua untuk pemain non amatir, dan Divisi Tiga untuk pemain amatir. Diluar itu, PSSI aktif meningkatkan pertandingan sepak bola wanita serta pertandingan dalam grup usia tersendiri (U-15, U-17, U-19,U21, serta U-23).

Sayangnya riwayat panjang sepakbola Indonesia belum dapat mengubah prestasi sepak bola Indonesia di arena internasional. Perlu manajemen bola yang berkemauan untuk mengubah Sepak Bola Indonesia jadi lebih baik .

Materi Sepak Bola

Sepak bola mempunyai beberapa materi yang banyak sekali. Dalam bahasan kesempatan ini akan kami batasi dalam bahasan tentang materi tehnik basic dalam game sepak bola. Tersebut beberapa materi sepak bola sebagai basic game sepak bola.

1. Tehnik Menendang Bola

Tehnik menendang bola bisa disimpulkan jadi tehnik menyentuh serta menggerakkan bola dengan kaki. Kelompok tehnik ini dibagi jadi 3 yaitu tehnik menendang bola dengan kaki sisi dalam, tehnik menendang bola dengan kaki sisi luar, tehnik menendang bola dengan kaki sisi punggung.

2. Tehnik Hentikan Bola

Tehnik mengentikan bola adalah satu pergerakan untuk meredam atau hentikan pergerakan bola yang ke arah kita.

Kelompok tehnik ini dibedakan jadi tehnik hentikan bola dengan kaki sisi dalam, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi luar, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi punggung, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi telapak, tehnik hentikan bola dengan kaki sisi paha, tehnik hentikan bola dengan dada serta perut, tehnik hentikan bola dengan kepala.

3. Tehnik Menggiring Bola

Tehnik menggiring bola adalah satu tehnik menggerakkan bola ke depan dengan pelan-pelan dengan macam pergerakan ke samping sekalian lari mengawasi supaya bola masih dalam perebutan pemain. Menggiring bola bisa dikerjakan dengan kaki kanan, kaki kiri, serta kedua-duanya dengan bergantian. Dalam menggiring bola harus juga dilihat beberapa pemain di muka yang akan merampas bola

4. Tehnik Sundul Bola

Tehnik sundul bola adalah tehnik menggerakkan bola dengan memakai sisi kepala, terutamanya dahi. Pergerakan ini bisa digunakan saat bola melayang-layang di hawa atau membumbung ke arah anda. Tehnik tandukan biasa dikerjakan oleh pemain di daerah kotak penalti dengan arah untuk meningkatkan gol ke gawang lawan.

5. Ketentuan Game Sepak Bola

Sepak bola mempunyai ketentuan tertentu dalam permainannya. Setiap team terbagi dalam 11 orang pemain utama dengan pembagian 10 pemain inti serta 1 kiper, dengan beberapa pemain pengganti yang siap diperlukan untuk menukar pemain utama. Game ini di pimpin oleh seseorang wasit serta dibantu oleh 2 hakim garis dengan jangka waktu 2×45 menit, serta bisa dikerjakan waktu perpanjangan jika hasilnya imbang.

Itu selintas pengetahuan tentang berolahraga sepak bola yang mendunia. Berolahraga ini mempunyai catatan riwayat panjang sampai menebar serta disukai di penjuru dunia. Riwayat sepak bola sampai masuk ke Indonesia tidak lepas dari bangsa lain yang lakukan perdagangan atau penjajahan.

Sepak bola sendiri mempunyai banyak materi yang butuh dikuasai. Materi sepak bola yang umum dipelajari jadi praktek ialah tehnik basic dalam game sepak bola. Jika anda tertarik pelajari sepak bola lebih dalam, anda bisa pelajari beberapa tehnik spesial dalam main sepak bola.

Baca juga Sejarah PKI Madiun 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama