10 Tips Efektif Berjualan di Sosial Media

10 Tips Efektif Berjualan di Sosial Media

Teknosia.net – Perkembangan zaman selain berpengaruh kepada teknologi ternyata juga berpengaruh kepada pola hidup banyak orang dan cara mereka bergaul.

Terlebih dengan diciptakannya media jejaring sosial yang kini semakin banyak jumlahnya.

Namun selain dijadikan sebagai tempat berinteraksi dengan orang lainnya, perkembangan zaman juga berpengaruh kepada sosial media yang banyak digunakan sebagai sarana berbisnis.

Banyak brand- brand papan atas yang sudah menggunakan media jejaring sosial sebagai sarana promosi agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

Dan ternyata cara itu sangat efektif untuk mendongkrak penghasilan mereka. Tapi apakah menggunakan media jejaring sosial sebagai sarana untuk berbisnis hanya untuk brand- brand besar dan ternama saja? tentu saja tidak.

Penggunaan media jejaring sosial sebagai sarana promosi juga dapat digunakan oleh kita yang sedang merintis usaha sebagai sarana investasi nantinya.

Tapi tentu saja, untuk mendapatkan respon positif dari pengguna sosial media lainnya, kita memerlukan tips dan trik khusus. Dan kami sudah merangkum beberapa tips dan trik jitu untuk menjadikan media jejaring sosial efektif untuk berbisnis:

1. Kenali sosial media

Saat ini hampir semua orang sudah kenal apa saja nama sosial media yang ada. Namun ternyata banyak pula orang yang tidak mengetahui kelebihan dari media jejaring sosial yang dikenalnya itu.

Untuk itulah, jika kita ingin efektif dalam berjualan di sosial media, kita harus kenal terlebih dahulu dengan apa media jejaring sosial itu.

Apa itu facebook, twitter, linkedin, yelp, blogger, pinterst, ataupun yang lainnya, beserta kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. karena dengan kita mengenal satu persatu dari kegunaan sosial media itu, kita bisa memanfaatkannya sebagai sarana berbisnis dengan tepat guna.

2. Jangan terpaku kepada hasil

Sangat dibenarkan jika berbisnis itu adalah tentang keuntungan atau hasil uang yang akan kita dapatkan. Seperti misalnya perbandingan jumlah modal dan hasil yang didapatkan adalah sejenis perhitungan yang tidak bisa kita lewatkan. Namun ternyata, hasil bukanlah tujuan utama dari bisnis.

Tujuan dari bisnis yang kita bangun harusnya ketergantungan atau loyalitas dari konsumen. Ketika kita mendapatkan loyalitas itu, sangat mungkin konsumen yang sudah membeli produk kita akan kembali membeli di waktu lainnya.

Untuk itu, langkah awal yang harus kita lakukan adalah menciptakan produk dengan kualitas dan membangun kepercayaan konsumen sebaik- baiknya.

Karena jika kita menciptakan produk yang tidak berkualitas baik, sudah dipastikan konsumen akan kecewa. Ingat, satu konsumen yang puas dengan pelayanan kita hanya akan bercerita kepada 2 orang temannya tentang kita.

Tapi jika satu konsumen yang tidak puas dengan pelayanan kita bisa bercerita kepada 10 orang temannya tentang kita.

3. Tentukan target pasar

Tentukan target pasar yang ingin kita masuki karena media jejaring sosial adalah dunia yang sangat luas. Ada banyak kalangan di sosial media, baik orang tua, remaja, anak- anak, olahragawan, bahkan pebisnis lain.

Jika kita salah masuk pasar, maka akan sangat besar produk yang kita tawarkan tidak akan terjual. Untuk itu, tentukan target pasar yang ingin kita masuki agar promosi yang kita lakukan efektif.

4. Bahasa marketing

Selain mengenal apa itu media jejaring sosial, kenali pula bahasa marketing sebagai salah satu senjata utama kita berbisnis di media jejaring sosial.

Bahasa marketing bukanlah bahasa yang biasa kita gunakan pada umumnya. Tetapi bahasa yang dapat menarik pembaca untuk mengenal lebih jauh, membagikan, serta menarik perhatian mereka menjadi konsumen produk kita.

Biasanya bahasa marketing adalah bahasa yang singkat, lugas, dan tegas. Mengenal dan memahami bahasa marketing akan sangat membantu promosi produk yang kita tawarkan.

5. Banyak membaca

Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang kita miliki. Termasuk ilmu berbisnis. Hal ini karena ilmu berbisnis di media jejaring sosial sangat berbeda dibandingkan dengan berjualan pada dunia nyata.

Untuk itulah kita harus sering- sering mencari artikel atau tulisan yang memuat tentang internet marketing. Semakin banyak kita tahu akan semakin baik juga perkembangan yang akan kita dapatkan. Seperti contoh membaca cara menghemat uang atau cara mendapatkan modal usaha juga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat nantinya.

Mengenal sosok- sosok yang sudah berhasil di dalam internet marketing juga penting karena kita bisa belajar dari pengalaman mereka agar bisa berhasil seperti sekarang ini.

6. Kampanye negative

Berbisnis pada media jejaring sosial sama halnya dengan berbisnis pada dunia nyata. Karena bisa jadi produk yang kita tawarkan juga ditawarkan oleh orang lain pada pasar yang sama. Namun walaupun begitu, kita harus bisa bersaing secara positif dan sportif.

Jangan pernah sekalipun menyindir apalagi menjelek- jelekan pesaing kita itu. Karena yang kita lakukan termasuk mencari perhatian orang agar produk yang kita tawarkan laris, maka sangat dimungkinkan jika kita menyindir atau menjelek- jelekan pesaing kita itu justeru kita dianggap sudah melakukan bullying.

Salah satu sifat media jejaring sosial adalah siapa yang dibully, maka dia yang akan mendapatkan banyak dukungan. Sedangkan siapa yang membully, maka dia yang akan dicaci. Dan salah satu cara agar kita dapat bersaing dengan sehat adalah menggunakan bahasa marketing yang baik.

7. Bangun komunikasi

Jika ada yang bertanya tentang produk kita, langsung beri tanggapan dengan tanggapan yang baik, sopan, dan sejelas- jelasnya. Jangan sampai orang yang bertanya menunggu lama untuk jawaban kita. Karena bisa jadi dia adalah orang yang benar-benar sedang butuh produk yang kita tawarkan.

Dan jika kita terlambat memberikan tanggapan, sangat besar kemungkinannya dia sudah mendapatkan penjual selain kita. Selain itu, membangun komunikasi sebaiknya juga tidak dilakukan pada saat kita mendapatkan pertanyaan saja.

Membangun komunikasi bisa kita lakukan ketika ada sahabat kita di media jejaring sosial seperti facebook sedang berulang tahun.

Ucapkan selamat ulang tahun kepadanya. Walaupun sepele, namun ucapan seperti itu dinilai mampu memberikan perasaan dekat kita kepada sahabat kita yang sedang ulang tahun itu. Jika kita mendapatkan kedekatan itu, akan sangat besar dia akan terbuka kepada kita tentang apa yang dibutuhkannya.

8. Aktif di twitter dan facebook

Ada dua media jejaring sosial yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Yaitu twitter dan facebook. Semakin kita aktif di dalam dua media jejaring sosial itu, akan semakin dikenal pula produk kita.

Selain menggunakan bahasa marketing, kita juga bisa menggunakan gambar pada setiap posting yang menggambarkan produk yang kita tawarkan.

Gambar memiliki kekuatan yang besar dibandingkan dengan kata- kata. Karena setiap gambar biasanya dapat mewakili banyak kata.

9. Aktif di Youtube

Dapat juga dikatakan bahwa Youtube adalah tempat kedua terbesar dimana seseorang mencari suatu informasi selain google dan kita bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk kita. Buat video semenarik mungkin yang dapat menarik minat banyak orang untuk menontonnya.

Jika memang kita memiliki batasan ide atau peralatan, mungkin kita bisa menyewa jasa vblog professional untuk membuat video tentang produk yang kita buat. Vblog professional memiliki banyak pengikut (subscribe) yang jika kita menyewa jasanya, mungkin pengikutnya itu bisa menjadi target pasar kita selanjutnya.

10. Aktif di blog

Blog juga termasuk salah satu hal penting dalam mempromosikan produk kita. Dengan adanya blog, kita bisa mengulas sampai tuntas tentang produk yang kita miliki beserta kelebihan dan kekurangannya.Dengan adanya blog konsumen kita bisa tahu apa saja produk yang kita miliki, bagaimana proses pembuatannya, bahan yang digunakan, dan dimana kita bisa ditemui.

Di blog kita juga bisa memasukan agenda apa saja yang kita ingin buat dan promosi apa yang akan kita buat untuk konsumen. Artinya dengan adanya blog konsumen bisa mengetahui segala perkembangan dari bisnis kita.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjadikan media jejaring sosial menjadi efektif dalam berbisnis. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama