• Jelajahi

    Copyright © Teknosia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    5 Hal Sebelum Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

    Admin
    Sabtu, 27 Maret 2021, 07:19 WIB Last Updated 2021-08-20T02:26:15Z
    Baca Juga

    Buah dan sayuran merupakan makanan yang penting bagi tubuh. Untuk memperolehnya kamu tidak harus berbelanja ke pasar atau swalayan. Kamu bisa mulai berswasembada sayuran dengan cara menanam sayuran di pekarangan rumah. Seperti ini tips untuk mengerjakannya.

    Berencana Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

    1. Tentukan lokasi untuk menanam

    Sebelum berangan-angan membayangkan punya kebun yang hijau dan asri, tentukan dulu lokasi yang hendak kamu jadikan lahan menanam sayuran. Sudut mana di pekaranganmu yang layak untuk ditanami. Pastikan lokasi tersebut cukup sinar matahari serta bebas dari lumut dan rumput liar.

    2. Pilih jenis sayuran yang mudah tumbuh

    Pekebun pemula biasanya terbawa nafsu untuk menanam bermacam jenis sayuran di rumah. Sebenarnya tidak apa-apa selama kamu punya ilmu, ketelatenan, dan waktu yang cukup untuk mengurusnya.

    Tapi kalau semangat untuk berkebun masih timbul tenggelam ditambah lagi pengetahuanmu soal tanaman masih cetek, lebih baik pilih tanaman yang mudah tumbuh dan perawatannya tidak membutuhkan usaha yang tidak ribet. Sesudah menebar benih, jangan malas untuk menyiram, memberi pupuk, dan mencukupkan nutrisinya.

    3. Perhatikan pemilihan benih

    Benih sayuran sama seperti makanan, punya tanggal kedaluwarsa. Kalau kamu berniat membeli benih via online, perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Benih yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya ketika ditanam hasilnya biasanya tidak terlalu bagus.

    Selain dari kemasan, lihat juga tampilan benih tersebut. Benih yang baik warnanya cerah, bersih dari kotoran, ukurannya hampir-hampir seragam, padat, dan tidak mengambang ketika direndam.

    4. Manfaatkan barang bekas untuk media tanam

    Dari segi media tanam, menanam sayuran di pekarangan rumah jelas berbeda dengan menanam sayuran di tanah perkebunan. Mengingat pekarangan rumah luasnya terbatas, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Jadikan botol bekas, baskom yang sudah pecah, kaleng cat, hingga cangkir bopeng sebagai media untuk menanam. Sehingga kamu bakal bisa menghemat uang untuk tidak membeli media tanam baru.

    5. Rawat dengan sepenuh hati dan bersabarlah

    Jika melihat video tutorial di Youtube, kok kelihatannya menanam sayuran di pekarangan rumah itu gampang sekali. Beda dengan yang kamu lakukan. Hmm, mungkin kamu melakukannya dengan setengah hati.

    Seperti halnya merawat hewan peliharaan, aktivitas merawat tanaman juga harus dilakukan dengan hati yang riang. Soalnya, tanaman yang kamu rawat juga makhluk hidup. Setiap makhluk hidup pasti ingin mendapatkan kasih sayang dan perawatan yang baik.

    Berkebun juga tidak seinstan membuat mie. Kamu harus rajin menyiram, memupuk, membasmi hama, dan melakukan langkah perawatan lainnya. Jadi, bersabarlah. Pada saatnya pasti akan panen.

    Jadi, sudah tahu sayuran apa yang akan mau kamu tanam di rumah?

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini