• Jelajahi

    Copyright © Teknosia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan untuk Memulai Bisnis Kafe

    Admin
    Senin, 12 April 2021, 08:25 WIB Last Updated 2021-08-20T02:26:15Z
    Baca Juga
    5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan untuk Memulai Bisnis Kafe

    Saat ini keberadaan kafe seolah sudah menjadi tempat ketiga, semacam wilayah transisi antara kantor dengan rumah. Di kafe, kita bisa membicarakan masalah kantor atau rumah dengan lebih santai.

    Menyadari semakin dibutuhkannya kafe di tengah masyarakat, banyak wirausaha tertarik memulai bisnis kafe. Alhasil, kamu bisa melihat banyak kafe baru bermunculan. Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan untuk memulai bisnis semacam ini?

    1. Modal

    Untuk belanja, sewa, dan menggaji tentu perlu modal. via solopos.com

    Apapun bidang bisnis yang hendak kamu jalani, semuanya pasti membutuhkan modal. Tidak terkecuali dalam memulai bisnis kafe. Kamu butuh modal untuk membeli bahan baku makanan atau minuman, menggaji karyawan, menyewa tempat, listrik, air, gas, dan lain sebagainya.

    Karena itu buat perencanaan modal dengan baik. Kalau perlu buat perencanaan bisnis sekalian sehingga kamu punya gambaran lebih jelas dalam menjalankan usaha kafemu ke depannya.

    2. Lokasi

    Penentuan lokasi juga penting dalam memulai bisnis kafe. via tripadvisor.ca

    Selanjutnya kamu harus mempersiapkan lokasi. Cek berapa bujet yang kamu miliki untuk menyewa tempat. Kalau bujetmu tidak terlalu besar, kamu bisa cari lokasi yang harga sewanya murah seperti di pinggir jalan, dekat pemukiman warga, atau di sekitar kampus atau sekolah. Atau malah manfaatkan rumahmu sendiri. Bujetmu cukup besar? Coba saja sewa tempat di daerah pemukiman elit atau mal.

    Yang harus kamu perhatikan, pemilihan lokasi menentukan segmen pasar yang kamu incar. Misalnya, kamu menyewa tempat di dekat sekolah, berarti target pengunjung kafemu adalah siswa-siswa sekolah. Harga makanan di kafemu juga harus kamu sesuaikan agar pas dengan kantong pelajar.

    3. Pegawai

    Apakah kamu bisa mengelola kafemu sendirian atau memerlukan karyawan? via utmb.edu

    Sangat susah menjurus mustahil menjalankan kafe sendirian. Kamu perlu bantuan satu atau dua orang lagi untuk mengurus kafe. Nah, modal yang kamu kumpulkan di awal, salah satu peruntukannya adalah untuk membayar gaji pegawai ini.

    Buat pembagian kerja, tapi jangan terlalu kaku. Misalnya kamu mempekerjakan dua orang pegawai, berarti satu bisa melayani pelanggan, satu bersih-bersih di dapur, sementara kamu bertugas di meja kasir.

    4. Fasilitas

    Fasilitas WiFi sudah wajib ada di kebanyakan kafe. via lumdimsum.com

    Selain karena pelayanan yang baik dan makanan yang enak, faktor lain pengunjung datang ke suatu kafe adalah karena suasananya menyenangkan. Karena itu penataan furnitur dan pernak-pernik kafe juga harus kamu perhatikan.

    Tambahkan juga fasilitas pendukung agar pengunjung betah berlama-lama di kafemu. Yang paling umum biasanya menyediakan WiFi atau koneksi internet.

    5. Promosi

    Tampilkan kafemu semenarik mungkin. via merlin-industrial.co.uk

    Kafemu terletak di lokasi yang strategis, interiornya menarik, dan makanannya enak. Tapi kenapa sepi-sepi saja? Bisa jadi itu karena kamu kurang promosi.

    Kamu bisa membuat promo-promo menarik untuk menarik pengunjung datang. Misalnya diskon satu item pada jam-jam tertentu atau gratis makan bagi yang sedang berulang tahun. Manfaatkan media sosial agar semakin banyak orang yang tahu keberadaan kafemu.

    Setelah tahu bagaimana menyiapkan bisnis kafe kamu juga harus baca Analisis Bisnis dengan Analisa SWOT.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini