Tahukah Kamu, 5 Mitos Kesehatan Ini Ternyata Adalah Fakta

Tahukah Kamu, 5 Mitos Kesehatan Ini Ternyata Adalah Fakta

Waktu kecil, ibu kamu mungkin pernah melarang nonton TV dekat-dekat karena katanya bisa membuat mata rusak. Larangan itu merupakan salah satu mitos kesehatan, patut diragukan kesahihannya. Menonton TV dekat-dekat memang membuat mata lelah, tapi tidak seketika membuat mata jadi rusak.

Meski begitu, tidak semua mitos harus dibantah. Ada juga mitos kesehatan yang benar dan baik untuk dilakukan. Apa saja mitos-mitos itu? Yuk baca di bawah ini.

5 Mitos yang Ternyata Fakta

1. “Kejutan Menyembuhkan Cegukan”

Kejutan Menyembuhkan Cegukan

Mitos kesehatan ini sangat terkenal bahkan sampai dijadikan bahan lelucon di film kartun atau komedi. Mungkin karena sering dijadikan lelucon, banyak orang yang kemudian malah meragukannya. Kalau pun ada yang sembuh, dianggap sebagai kebetulan saja.

Cegukan terjadi ketika otot diafragma dan saraf pengontrol terjebak oleh saraf busur refleks. Saraf tersebut lalu mengirim balik sinyal kepada diafragma untuk berkontraksi, yang kemudian kita sebut sebagai cegukan. Sinyal ini memicu untuk mengulangi kontraksi terus menerus.

Kondisi ini biasanya dapat sembuh sendiri. Namun cegukan dapat dihentikan jika ada yang mengganggu siklus pengulangan tersebut, seperti dikejutkan sampai terkesiap.

Ternyata mitos kesehatan ini ada benarnya juga ya. Jadi, siap-siap membantu temanmu yang cegukan. Kejutkan dia!

2. “Roti Tawar Jangan Dimakan Putihnya Saja”

Roti Tawar Jangan Dimakan Putihnya Saja

Bagian pinggir roti tawar yang berwarna kecoklatan atau kulit roti memang tidak selembut bagian tengahnya yang berwarna putih. Karena itu ketika ibumu menyuruh agar jangan menyisakan kulit rotinya, pasti kamu agak dongkol juga mengerjakannya. Tapi coba tebak, ternyata perintah ibumu itu memang berdasar.

Baca juga : Cara Mengatasi Kram

Zat antioksidan yang berguna untuk melawan kanker rupanya lebih banyak terkandung dalam kulit roti dibanding bagian tengah roti. Kulit roti mampu mendorong terbentuknya enzim fase II yang terbukti membantu dalam pencegahan dan penyembuhan kanker.

Ternyata memang ibu tahu yang terbaik ya. Ayo jangan sisakan kulit rotimu.

3. “Minum Air yang Banyak Supaya Racun Dalam Tubuh Luruh”

Minum Air yang Banyak Supaya Racun Dalam Tubuh Luruh

Perusahaan air mineral mengampanyekannya. Buku pendidikan kesehatan memuatnya. Anjuran minum banyak air terbukti bukan mitos tetapi fakta.

Walaupun air tidak secara langsung menetralkan racun, tapi ginjal menggunakan air untuk membuang produk-produk buangan dan racun di dalam tubuh. Jika kamu meminum cukup air, maka kerja ginjal akan baik.

Tubuh yang tidak mendapat cukup suplai air tidak akan efisien dalam membuang racun. Alhasil, sisa-sisa racun tetap bercokol di dalam tubuh. Jadi, ayo minum air yang cukup.

4. “Jangan Pakai Sendokmu untuk Piring Lauk”

Jangan Pakai Sendokmu untuk Piring Lauk

Salah satu dosa kecil yang dilakukan saat makan adalah ketika kamu tidak sengaja menggunakan sendok piringmu untuk mengambil sajian di wadah lauk. Ketika kamu sengaja atau tidak sengaja melakukannya, siap-siaplah menerima rentetan panjang dari orang tuamu. Pamali.

Apakah menurutmu kekhawatiran mereka berlebihan atau justru dapat dibenarkan?

Para ilmuwan membuat penelitian yang menarik tentang kuman. Salah seorang peneliti menggigit biskuit yang kemudian ia celupkan ke dalam saus salsa, saus keju, sirup coklat, dan air. Sebagai pembanding, mereka mencelupkan juga biskuit yang belum digigit ke bahan-bahan tadi.

Mereka kemudian mengukur bakteri di dalam saus celupan dan mulut sukarelawan penelitian. Hasilnya, rata-rata biskuit yang dicelupkan tiga sampai enam kali setelah digigit memindahkan sekitar 10.000 bakteri dan kuman dari mulut sukarelawan ke saus celupan.

Ternyata orang tua kita tidak berlebihan. Siapa juga yang mau berbagi kuman, ya kan?

5. “Minyak Zaitun Bisa Menurunkan Kolesterol”

Minyak Zaitun Bisa Menurunkan Kolesterol

Apakah kamu adalah salah satu orang yang ikut-ikutan tren mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun? Kalau jawabannya iya maka kamu beruntung. Minyak zaitun memang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga 12 kelebihan facebook.

Sama halnya dengan kolesterol, lemak juga terdiri dari beberapa jenis. Beberapa jenis lemak justru sangat berguna untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Baik lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda sangatlah penting bagi kesehatan jantung.

Minyak zaitun memiliki tingkat lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan tingkat kolesterol HDL, atau kolesterol jahat, dan menurunkan kolesterol LDL, atau kolesterol baik. Jadi kalau kamu senang mengkonsumsi minyak zaitun, lanjutkan!

Ternyata, hal-hal klise yang diyakini bersama terkadang memang benar ya. Kalau kamu salah satu yang tidak percaya, mungkin kamu sekarang bisa berpikir ulang untuk mengganti kebiasaanmu. Bagi kamu yang sudah mengikuti mitos-mitos ini, lanjutkan Setelah kamu membaca 5 mitos ini kamu juga bisa baca Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama