Tips Sederhana Mengatasi Tenggorokan Gatal

Tips Sederhana Mengatasi Tenggorokan Gatal

Tips Sederhana Mengatasi Tenggorokan Gatal – Untuk artikel kesehatan kali ini, penulis akan menyampaikan pada anda beberapa tips mudah dan sederhana cara mengatasi tenggorokan gatal. Tenggorokan gatal memang sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Setiap orang pasti pernah mengalami dan mengatasi tenggorokan gatal yang menyiksa. 

Tenggorokan sebagai salah satu saluran penting untuk makanan masuk ke dalam perut kita dikenal sangat sensitif dan mudah terinfeksi oleh beberapa jenis bakteri dan kuman. Apalagi jika kita tidak menjaga kesehatan dan memperhatikan makanan apa yang kita konsumsi. Jadi tak heran jika kita sering mengalami tenggorokan gatal yang sangat tidak nyaman dan menganggu. Tenggorokan yang gatal sungguh memang tidak menyenangkan. Jangankan untuk menelan makanan, berbicara pun kadang menjadi susah karena tenggorokan kita terasa gatal. tentu Anda harus mengetahui cara mengatasi tenggorokan gatal agar tidak mengganggu aktifitas Anda.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi tenggorokan gatal

Namun jika tenggorokan yang gatal itu telah berubah menjadi sensasi rasa yang lebih nyeri dan sakit, anda sebaiknya perlu mengatasi tenggorokan gatal Anda ke dokter untuk mengetahui spenyebab sebenarnya tenggorokan anda menjadi gatal. Namun menurut penelitian, ada beberapa hal yang menyebabkan tenggorokan anda terasa gatal dan tidak nyaman. Mungkin salah satu faktor di bawah inilah yang menjadi penyabab kenapa tenggorokan anda mendadak terasa gatal.

  • Alergi lingkungan misalnya sensitif terhadap perubahan suhu yang mendadak bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal
  • Batuk, pilek dan flu juga menyebabkan tenggorokan menjadi teriritasi dan gatal
  • Asma
  • Alergi makanan misalnya gorengan atau makanan terlalu dingin bisa mnyebabkan radang dan rasa gatal pada tenggorokan anda.
  • Infeksi pada saluran pernafasan/larynx anda
  • Iritasi debu.

Nah setelah tahu faktor yang menyebabkan tenggorokan gatal, berikut ada tips mudah dan sederhana mengatasi tenggorokan gatal, seperti berikut:

Tips Mengatasi tenggorakan Gatal

  • Konsumsilah madu. Madu sering disebut cairan ajaib untuk mengobati banyak penyakit termausk keluhan tenggorokan gatal. Madu punya sifat mendinginkan radang atau iritasi yang menyebabkan tenggorokan anda menjadi gatal. Konsumsi madu begitu saja atau mencampurnya dengan jahe lebih efektif lagi.
  • Bila perlu kunyahlah dan hisaplah permen pelega tenggorokan. Permen pelega tenggorokan berfungsi mengencerkan dahak penyebab tenggorokan menjadi gatal.
  • Ambil garam kemudian campur dengan air dan berkumurlah. Garam banyak mengandung licorice yang membantu mengatasi teggorokan yang gatal dan mengencerkan dahak.
  • Jika penyebab tenggorokan anda menjadi gatal adalah perubahan suhu udara, gunakanlah pelembab udara pada leher anda untuk mengurangi resiko tenggorokan anda menjadi gatal.

Tenggorokan yang gatal merupakan masalah yang umum dihadapi manusia sehari-hari. Keathuilah penyebanya kemudian gunakan tips cara mengatasi tenggorokan gatal dengan mudah dan sederhana di atas.

Buat kamu yang memiliki anak susah makan baca juga 6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama